Jumat, 29 Juli 2011

Manusia adalah ayat-ayat ALLAH

                        Begitu istimewanya mahluk ALLAH yang bernama Manusia sehingga semua mahluk yang lebih dulu di ciptakan ALLAH di suruh sujut didepan adam ( Manusia ), selain daripada itu ALLAH lebih menegaskan lagi bahwasanya manusia adalah mahluk yang paling sempurna seperti fimanNya dalam QS: AL-ISRAA’ ayat 70.
walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii lbarri walbahri warazaqnaahum mina ththhayyibaati wafadhdhalnaahum 'alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaa
[17:70] Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.
[17:70] And surely We have honored the children of Adam, and We carry them in the land and the sea, and We have given them of the good things, and We have made them to excel by an appropriate excellence over most of those whom We have created.
            Telah dijelaskan ALLAH pada ayat diatas dalam arti yang bertuliskan  warna merah bahwasanya manusia di lebihkan dengan kelebihan yang sempurna dari mahluk lain yang ALLAH telah ciptakan. ini berarti tidak saja kelebihan yang bersifat fisik ( Zhahir ) tapi tentu yang paling utama adalah kelebihan yang bersifat Bathin ( Gaib ) hal ini terkait kenapa ALLAH memerintahkan mahluk lain untuk sujud pada Adam, ini tidak semata-mata unsur tanah yang di ciptakan dalam bentuk paling sempurna tetapi yang lebih penting di sini adalah potensi ketuhanan Klik disini yang ada pada manusia potensi ketuhanan inilah sebagai magnet perekat yang apabila kita terbentur permasalahan hidup kita berusaha mencari penyelesaiannya melalui pendekatan diri kepada ALLAH     walaupun kadang-kadang ketika kita tidak mempunyai masalah kita lupa untuk beribadah padaNya potensi ketuhanan ini sudah melekat pada setiap insani tinggal bagaimana jiwa ( kesadaran ) kita untuk menggalinya melalui petunjuk ALLAH sendiri melalui Al-Quran sehinga manusia bisa mencapai tingkat Insan yang Rabbani. Untuk mengenal diri dari uraian dibawah ini memperlihatkan kepada kita semua bahwasanya penciptaan menusia atau tubuh manusia adalah ayat-ayat ALLAH
            Muhammad saw adalah rasul terakhir yang di utus oleh Allah kepada umat manusia.dan    telah di wahyukan kitab suci al-Quran untuk umat Manusia yang menjadi panduan dan pedoman untuk sekalian umat Islam. Nabi Muhammad saw adalah sesempurna manusia yang pernah diciptakan Allah swt. Beliau adalah Rasul, negarawan, ahli politik, pemidato hebat, panglima perang dan pada masa yang sama adalah seorang ketua hakim kepada umat yang dipimpinnya. Keistimewaan Rasulullah saw digambarkan dalam al-Quran (Surah al-Anbiya ayat 107)
wamaa arsalnaaka illaa rahmatan lil'aalamiin
[21:107] Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.
[21:107] And We have hot sent you but as a mercy to the worlds.
Terdapat beberapa keistimewaan yang dapat dilihat pada kalimah Muhammad. Inilah mukjizat yang Allah swt berikan kepada nabi junjungan kita, Muhammad saw. Di bawah ini ada tiga keistimewaan yang tersirat berkenaan dengan ibadah sholat yang mana ia tidak mungkin diperoleh tanpa membuat sebuah kajian dengan teliti dan juga tanpa kecintaan kita kepada baginda Rasulullah. saw   
1.  Kalimah Muhammad adalah bentuk jasad manusia
Kalimah Muhammad pada zahirnya hanya memberi arti ‘yang terpuji’. Kitab-kitab suci Taurat dan Injil menyatakan nama Ahmad dalam isi kandungannya bagai menggambarkan Muhammad. namun ia adalah satu kalimah yang membawa maksud yang sama.
Kalimah Muhammad sebenarnya adalah bentuk jasad manusia itu sendiri. Sesungguhnya manusia adalah sebaik-baik kejadian dan Muhammad saw pula adalah sebaik-baik manusia.! di jelaskan dalam (Surah Al Infithaar ayat 7-8)
alladzii khalaqaka fasawwaaka fa'adalak
[82:7] Yang telah menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan (susunan tubuh)mu seimbang,
[82:7] Who created you, then made you complete, then made you symmetrical?
fii ayyi shuuratin maa syaa-a rakkabak
[82:8] dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuhmu.
[82:8] Into whatever form He pleased He constituted you.
alladzii khalaqaka fasawwaaka fa'adalak
Mim-Ha-Mim-Dal
Dari gambar diatas batang tubuh menusia secara gelobal terbagi atas 4 empat huruf Hijaiyah            
Bagian kepala manusia huruf : Mim           
Bagian dada manusia huruf : Ha            
Bagian pinggul huruf : Mim             
Bagian kaki Huruf : Dal
Dalam proses pengenalan diri seorang manusia, tidak saja apa yang diterangkan diatas tetapi kita semua juga dapat melihat bagaimana jantung manusia bekerja, bukankah setiap detak jantung adalah zikir, bukankah setiap turun dan naiknya nafas manusia adalah zikir, zikir kepada ALLAH tidak hanya terucap pada lisan. ketika kita sudah mengetahui kebenaran dari semua ini diperlukan kontrol kesadaran ( control jiwa ) sehingga kita tetap ingat bahwasanya detak jantung, turun naiknya nafas adalah zikir kepada ALLAH .
2.   Kalimah Ahmad terbentuk dalam tertib solat  
Didalam kitab injil sudah disebutkan akan ada penerus kerasulan setelah Nabi Isa AS dan nama yang disebutkan adalah Ahmad nama‘lain’dari baginda Rasulullah saw. Dalam ejaan Arab, kalimah Ahmad terbentuk dalam tertib solat yang telah diperintah oleh Rasulullah saw. Solat adalah ibadah paling utama dan paling besar pula keutamaanya di sisi Allah swt. Seperti firmannya dalam(Surah an-Ankabut ayat 45)
utlu maa uuhiya ilayka mina lkitaabi wa-aqimi shshalaata inna shshalaata tanhaa 'ani lfahsyaa-i walmunkari waladzikrullaahi akbaru walaahu ya'lamu maa tashna'uun
[29:45] Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur'an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.
[29:45] Recite that which has been revealed to you of the Book and keep up prayer; surely prayer keeps (one) away from indecency and evil, and certainly the remembrance of Allah is the greatest, and Allah knows what you do.
Alif-Ha-Mim-Dal 
 3.   Kalimah Muhammad terbentuk ketika sujud dalam sholat
Jika kalimah Ahmad terbentuk dalam tertib solat, kalimah Muhammad pula terbentuk ketika sujud dalam solat itu sendiri.
yaa ayyuhaalladziina aamanuu irka'uu wasjuduu wa'buduu rabbakum waf'aluu lkhayra la'allakum tuflihuun
[22:77] Hai orang-orang yang beriman, ruku'lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan.
[22:77] O you who believe! bow down and prostrate yourselves and serve your Lord, and do good that you may succeed.
(Surah al-Hajj ayat 77)
MUHAMMAD
            Kalau boleh dibuat suatu kesimpulan Manusia sebagai Al-burhan ( ibunya Al-quran ) klik disini adalah manusia merupakan bagian dari ibadah itu sendiri karena setiap manusia yang beriman ketika ia melakukan Sholat, itu akan mengingatkan padanya bahwa: Tubuhnya ( materi ), Jiwanya ( energi kesadaran ) dan Ruh. Kesemuanya adalah  milik ALLAH. unrtuk itu kita patut bersyukur dengan melaksanakan Sholat. Bukankah Rasulullah sampai bengkak kedua kakinya karena melakukan Sholat untuk mengucap syukur?   

2 komentar: